September 28, 2021

  • Instagram

Gigabyte Radeon RX 6600 non-XT EAGLE, dilengkapi 8GB GDDR6 memory

Rumor tentang peluncuran Radeon RX 6600 non-XT tampaknya benar. Kami telah mengetahui bahwa Gigabyte sedang mempersiapkan model mid-range baru berdasarkan cut-down Navi 23 GPU.

Kartu tersebut hampir identik dengan RX 6600 XT yang baru diluncurkan sebulan lalu. AMD seharusnya tidak berhenti pada single Navi 23 model, karena perusahaan bersiap untuk meluncurkan versi non-XT dengan core yang lebih sedikit dan mudah-mudahan dengan label harga yang lebih masuk akal.

Gigabyte RX 6600 memiliki memori 8GB, ini menegaskan bahwa AMD tidak meluncurkan model 6GB atau 4GB dalam waktu dekat. Namun, spesifikasi pastinya belum diketahui. Kartu tersebut diduga memiliki fitur GPU Navi 23 XL dengan 1792 Stream Processors, sama seperti Radeon Pro W6600. Menurut kemasannya, kartu ini akan menargetkan 1080p gaming.

Baca juga:   Huawei Siap Berperan Lebih Sebagai Kompetitor Di Dunia PC

Baru-baru ini Igor Wallossek membuat simulasi yang menampilkan varian Radeon Pro dengan konfigurasi core yang sama dengan RX 6600 non-XT yang dikabarkan. Dia menyimpulkan bahwa RX 6600 mungkin lebih lambat dari GeForce RTX 3060, mengimplikasikan bahwa ada kemungkinan harganya lebih murah. Apakah itu akan terjadi, kita belum tahu.

Kartu ini memiliki desain yang identik dengan RX 6600 XT EAGLE, tetapi ada perubahan pada tata letak PCB serta heatsink. Papan sedikit lebih pendek tetapi masih memiliki  single 8-pin power connector.

Kartu ini disiapkan untuk bersaing dengan GeForce RTX 3050 desktop series, yang masih belom dikeluarkan oleh NVIDIA, meski memperkenalkan series dan GA107 GPU untuk mobile market di kuartal ke-2. Rumor terbaru pada tanggal peluncuran menaruh RX 6600 non-XT pada akhir September, kemungkinan awal oktober. Hal ini diungkapkan oleh Coreteks bulan juli lalu.

Baca juga:   GPU Desktop Baru Milik Intel Tak Akan Berfungsi di AMD

About The Author

Related posts

Leave a Reply