September 28, 2021

  • Instagram

Intel 12th Gen Alder Lake-S Desktop CPUs & Motherboard Z690 Diluncurkan pada 19 November

Intel 12th Gen Alder Lake-S Desktop CPU family dan Z690 motherboard lineup akan menjadi peluncuran terbesar Chipzilla untuk tahun ini. Perusahaan tidak hanya akan membawa architecture & peningkatan IPC baru, tetapi seluruh desain chip akan dirombak dengan 12th Gen Core family yang menjadi peluncuran desktop pertama yang berfokus pada konsumen dari hybrid x86 processor.

Jajaran CPU Desktop Intel Alder Lake-S akan mencakup 12th Gen Core processors. Intel akan memulai jajarannya dengan pengenalan chip ‘K’ dan ‘Non-K’ yang akan diikuti oleh varian yang lebih mainstream dalam beberapa minggu ke depan. Beberapa Sumber telah mengkonfirmasi bahwa jajaran processor Intel 12th Gen Core bersama dengan motherboard Z690 akan tersedia pada 19 November. Intel juga akan mengadakan pengumuman pra-peluncuran di mana mereka akan mengungkapkan harga, spesifikasi, dan jumlah kinerja umum dari next-gen family selama 27 & 28 Oktober selama event ‘Innovation’.

Baca juga:   NVIDIA GeForce RTX 30 SUPER ‘Ampere’ GPU Akan Menuju Platform Desktop & Mobile

Ini bukan pertama kalinya Intel merilis CPU x86 dengan hybrid architecture untuk konsumen, tapi ini pasti rilis pertama yang tepat dengan optimasi yang akan datang. Lakefield dapat dilihat sebagai test case untuk pendekatan architecture hybrid meskipun itu terbatas pada beberapa laptop. Alder Lake di sisi lain terutama berfokus pada platform desktop dan mobile & juga akan menerima penjadwalan dan pengoptimalan core dalam OS Microsoft Windows 11. Intel Alder Lake-S juga akan membuka jalan bagi  next-generation Core series yang akan banyak memanfaatkan hybrid architecture dan semakin meningkatkan ketergantungan pada Big dan Small cores.

Dalam hal Alder Lake, kita melihat Golden Cove architecture pada Performance Cores dan Gracemont architecture pada Efficiency Cores. Intel juga akan merombak platform desktopnya berupa 600-series chipsets. 600-series baru akan debut dengan motherboard Z690 yang akan mendukung chip K dan non-K. Platform Z690 juga akan menampilkan dukungan untuk DDR5, PCIe Gen 5.0, dan beberapa fitur utama bersama dengan kemampuan overclocking yang ditingkatkan. Motherboard berbasis chipset Z690 akan tersedia pada hari yang sama dengan CPU Desktop Alder Lake-S sedangkan kit memori DDR5 akan tersedia sedikit lebih awal. Beberapa produsen telah merilis kit DDR5 pertama di segmen retail dan lebih banyak gaming modules diperkirakan untuk memasuki pasar pada bulan Oktober.

Baca juga:   Gigabyte's B550 Vision D -- Tampilan Mewah & Fungsional Untuk CPU AMD Ryzen Anda

About The Author

Related posts

Leave a Reply