October 21, 2021

  • Instagram

Chipset Intel Z690 untuk CPU Alder Lake, mendukung memori DDR4/DDR5 dan Gear4 mode

Dibawah merupakan foto lain dari CPU Alder Lake. LGA1700 socket akan membutuhkan lebih banyak pads untuk digunakan, dan memaksa Intel untuk membuat desain persegi panjang untuk CPU Alder Lake. Ini sebenarnya, foto pertama dari Alder Lake sejak tahun lalu ketika foto pertama bocor:

Selain itu, PCI memiliki lebih banyak informasi tentang next-gen GPUs. Z690 flagship chipset diagram untuk motherboard baru sebenarnya adalah dokumen bocor pertama yang mencantumkan 12th Gen Core CPUs.

Diagram chipset Z690 menegaskan bahwa 1×16 atau 2×8 lanes PCIe Gen5 akan dipasang langsung ke CPU, sedangkan chipset akan mendukung hingga 12x PCIe Gen4 lanes dan hingga 16x PCIe Gen3 lanes. Itu adalah peningkatan besar atas Rocket Lake, yang hanya memperkenalkan PCIe Gen4 support setelah bertahun-tahun menjadi eksklusif untuk CPU AMD Ryzen. Konfigurasi PCI Express tersebut berarti bahwa CPU akan mendukung hingga empat drive PCIe Gen4 NVMe tanpa menggunakan 16 PCIe Gen5 lanes yang dapat digunakan oleh discrete GPU secara eksklusif.

Baca juga:   People Can Fly siap membuat lebih banyak ekspansi untuk Outriders

12th Gen Core CPU akan mendukung memori DDR5 atau DDR4 dalam dual-channel configuration. Diagram ini sebenarnya menegaskan kembali slide dari Intel Architecture Day yang menyebutkan dukungan DDR5-4800 dan DDR4-3200. Situs tersebut mengklaim bahwa memori DDR5 akan mendukung pengaturan Gear 2 (secara default) atau Gear 4, yang berarti bahwa controller akan bekerja pada 1/2 atau 1/4 dari kecepatan data untuk memastikan kompatibilitas dan dukungan overclocking memori.

DMI (Direct Media Interface) sekali lagi akan ditingkatkan. Seri Core Generasi ke-11 saat ini sudah memperkenalkan DMI 3.0 dengan 8 lanes, sedangkan chipset Z690 akan ditingkatkan ke PCI Gen4 x8 speed.

Seri Intel Core 12th Gen dan motherboard Z690 pertama sekarang dikabarkan akan diluncurkan pada 17 November.

Baca juga:   Bocor!! Performa Intel Core i3 Comet Lake-S Series Hasilkan Skor Tipis Dengan Ryzen 3 Di Cinebench

About The Author

Related posts

Leave a Reply