November 28, 2021

  • Instagram

Bocoran Motherboard ASUS B660 Menunjukkan Bahwa Sepertinya Mainstream Platform Terbatas Untuk PCIe Gen 4, Tidak Ada Dukungan PCIe Gen 5

Motherboard ASUS B660 dibocorkan oleh Noctua beberapa hari yang lalu tetapi Videocardz telah berhasil mendapatkan informasi packaging yang menunjukkan bahwa mereka mungkin kekurangan fitur signifikan dari jajaran CPU Intel Alder Lake.

Gambar packaging motherboard ASUS PRIME B660-PLUS D4 telah bocor yang akan segera hadir di segmen retail. Motherboard ini diperkirakan untuk mempertahankan sebagian besar spesifikasi Z690 meskipun memiliki satu perubahan besar , Motherboard terdaftar sebagai PCIe Gen 4 only variant.

PRIME Z690-PLUS hadir dalam varian DDR5 dan DDR4 jadi itu bukan hal baru tetapi sepertinya kita hanya melihat dukungan DDR4 pada motherboard B660. Tetapi hal utama yang perlu diperhatikan adalah dukungan PCI-e. Motherboard ASUS B660 terdaftar sebagai model PCIe Gen 4 sedangkan semua board Z690 disesuaikan dengan PCIe Gen 5. Ada kemungkinan bahwa semua motherboard B660 mungkin terbatas pada dukungan PCIe Gen 4 saja sedangkan board Z690 kelas atas menawarkan dukungan Gen 5.

Baca juga:   Bocoran Detail Nvidia GeForce RTX 3060

Namun pada akhirnya, bukan B660 atau Z690 PCH yang menyediakan PCIe Gen 5 lane. CPU Intel Alder Lake memiliki Gen 5 lane yang diperlukan sehingga sepertinya ASUS B660 mungkin tidak memiliki hardware Gen 5 yang diperlukan untuk mengaktifkan dukungan PCIe Gen 5. Sekarang tidak dikonfirmasi apakah ASUS adalah satu-satunya motherboard manufacturer yang akan kekurangan dukungan Gen 5 pada jajaran B660 mereka, tetapi ini bukan pertama kalinya hal ini terjadi dengan ASUS. Motherboard ASUS Z490 memiliki masalah serupa di mana motherboard tidak dilengkapi dengan hardware yang diperlukan untuk mendukung Gen 4 lane pada CPU Intel Rocket Lake yang baru, sedangkan manufacturer lainnya memiliki dukungan Gen 4 yang tepat.

Baca juga:   AMD Radeon RX 7900 XT Dengan Flagship RDNA 3 Navi 31 GPU didetail

Bagi Anda yang ingin menggunakan PCIe Gen 5 lane pada motherboard B660 mainstream harus menyadari bahwa ASUS mungkin tidak memiliki fitur itu untuk jajaran mereka sendiri. Kami akan terus memberi tahu Anda saat kami mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai apa yang dilakukan oleh board AIB lain terkait dukungan Gen 5 pada motherboard B660 masing-masing.

About The Author

Related posts

Leave a Reply