Intel resmi umumkan kehadiran Project Amber

Intel resmi umumkan kehadiran Project Amber

Dalam acara Intel Vision hari kedua, Intel mengumumkan kehadiran Project Amber sebagai fondasi keamanan untuk komputasi rahasia, AI yang aman dan bertanggung jawab, serta kuantum tahan kriptografi.

Layanan ini disiapkan sebagai standar untuk era komputasi kuantum, dan akan memberi organisasi verifikasi kepercayaan jarak jauh di lingkungan cloud, edge, dan lokal, yang diprediksi akan booming dalam waktu dekat ini.

Kebutuhan untuk keamanan komputasi kuantum

Komputasi kuantum merupakan tantangan karena menggunakan prinsip-prinsip mekanika kuantum untuk membuat komputer yang sangat cepat. Ini dapat digunakan untuk memecahkan masalah kriptografi secara instan, yang merupakan masalah keamanan karena kriptografi mengkodekan data dalam kumpulan besar angka dalam teka-teki yang dulunya membutuhkan cukup banyak daya komputasi untuk diuraikan.

Untuk mempersiapkan masa depan komputasi kuantum, Intel memperkenalkan otoritas kepercayaan independen dalam bentuk implementasi keamanan berbasis layanan yang mereka beri nama kode Project Amber. 

Mereka menunjukkan fokusnya untuk mengaktifkan AI yang aman dan bertanggung jawab, dan menguraikan strateginya untuk lebih lanjut membangun kriptografi tahan kuantum untuk era komputasi kuantum yang akan datang.

“Seiring organisasi terus memanfaatkan nilai cloud, keamanan tidak pernah menjadi yang utama. Kepercayaan berjalan seiring dengan keamanan, dan itulah yang diharapkan dan dibutuhkan pelanggan kami saat menghadirkan teknologi Intel,” kata chief technology officer dari grup perangkat lunak dan teknologi canggih di Intel, Greg Lavender.

“Dengan diperkenalkannya Project Amber, Intel membawa komputasi rahasia ke tingkat berikutnya dalam komitmen kami terhadap pendekatan tanpa kepercayaan untuk pengesahan dan verifikasi aset komputasi di jaringan, edge, dan di cloud.”

Kepastian keamanan sistem kerja hybrid

Bisnis saat ini sudah cukup bergantung pada sistem cloud untuk mendukung tenaga kerja jarak jauh yang membutuhkan banyak perangkat, akses tanpa gangguan, dan alat kolaborasi. Solusi teknologi perlu mengamankan data, tidak hanya dalam memori dan dalam perjalanan, tetapi juga dalam penggunaan.

Ini penting karena perusahaan dan pekerja harus melindungi aset berharga dan meminimalkan munculnya serangan. Project Amber memberi organisasi verifikasi jarak jauh tentang keandalan aset komputasi di lingkungan cloud, edge, dan lokal.

Layanan ini beroperasi secara independen dari penyedia infrastruktur yang menghosting beban kerja komputasi rahasia. Komputasi rahasia, perlindungan data yang digunakan dengan melakukan komputasi di lingkungan eksekusi terpercaya (TEE) berbasis perangkat keras , adalah pasar yang berkembang.

Intel Software Guard Extensions pada platform Intel Xeon Scalable membantu mendukung komputasi rahasia saat ini, memungkinkan kasus penggunaan cloud yang bermanfaat bagi organisasi yang menangani data sensitif secara teratur. 

Dasar dasar kepercayaan dalam lingkungan komputasi rahasia ditetapkan melalui proses yang disebut pengesahan.

Project Amber disiapkan untuk komputasi rahasia dan pengesahan pihak ketiga

Verifikasi kepercayaan ini merupakan persyaratan penting bagi pelanggan untuk melindungi data dan kekayaan intelektual mereka saat mereka memindahkan beban kerja sensitif ke cloud. Untuk meningkatkan jaminan kepercayaan dan mendorong janji komputasi rahasia untuk industri yang lebih luas, Intel mengumumkan Project Amber sebagai langkah pertama dalam menciptakan layanan multi-cloud, multi-TEE baru untuk pengesahan pihak ketiga.

Dirancang untuk menjadi cloud-agnostic, layanan ini akan mendukung beban kerja komputasi rahasia di cloud publik, dalam cloud pribadi/hybrid, dan di edge. Menginterupsi pihak ketiga untuk memberikan pengesahan membantu memberikan objektivitas dan independensi untuk meningkatkan jaminan komputasi rahasia kepada pengguna.

Project Amber yang masih dalam tahap awal ini bertujuan untuk mendukung beban kerja komputasi rahasia yang digunakan sebagai container bare metal, mesin virtual (VM) dan container yang berjalan di mesin virtual menggunakan Intel TEE. 

Rilis awal akan mendukung TEE Intel, dengan rencana untuk memperluas cakupan ke platform, perangkat, dan TEE lainnya di masa mendatang.

Intel juga bekerja sama dengan vendor perangkat lunak independen (ISV) untuk mengaktifkan layanan kepercayaan yang mencakup Project Amber. Alat perangkat lunak baru, seperti API yang diterbitkan yang memungkinkan ISV untuk menggabungkan Project Amber untuk meningkatkan perangkat lunak dan layanan, akan melengkapi platform dan teknologi Intel, dan memberikan nilai lebih bagi pelanggan dan mitra.

Mereka berencana untuk meluncurkan uji coba pelanggan Project Amber pada paruh kedua tahun 2022, diikuti oleh ketersediaan umum pada paruh pertama tahun 2023.

Word from our sponsor
Explore additional categories

Explore Other Classes