NVIDIA pangkas TDP untuk RTX 4070 dan RTX 4080

0
136
NVIDIA pangkas TDP untuk RTX 4070 dan RTX 4080

Dalam beberapa pemberitaan, disebutkan bahwa GPU generasi terbaru dari NVIDIA, yakni RTX 4000 series akan memakan daya yang lebih besar dibandingkan dengan pendahulunya. Meski memiliki TDP besar, namun mereka menjanjikan peningkatan performa yang sangat besar untuk GPU generasi terbaru mereka. RTX 4080 misalnya akan memiliki TDP hingga 450W, sedangkan RTX 4070 akan memiliki daya hingga 300W. Tentu saja, ini merupakan sebuah hal yang cukup memusingkan bagi komunitas PC.

Namun, dalam sebuah bocoran terbaru dari leaker @kopite7kimi, menunjukkan bahwa NVIDIA telah menurunkan TDP untuk GPU terbaru mereka. Dikutip dari laman Tom’s Hardware (10/8), RTX 4070 hanya akan memiliki TDP 285W, dan RTX 4080 akan memiliki TDP 320W saja.

Kabar penurunan TDP ini pun membuat bingung beberapa pihak. Hal ini dikarenakan tidak ada konteks penjelasan apapun dari pihak NVIDIA mengapa mereka menurunkan TDP dari kedua GPU terbarunya.

Akan tetapi, dari beberapa pihak mengungkapkan bahwa chip yang dibuat oleh TSMC untuk kedua GPU tersebut tidak dapat bekerja dengan normal jika menggunakan wattase tersebut. Ini berarti, akan ada sedikit penurunan performa jika dibandingkan menggunakan wattase yang lebih besar.

Meski demikian, dengan tune yang tepat, NVIDIA masih dapat meningkatkan performa secara keseluruhan dari GPU ini. Sayang, belum ada informasi lebih lanjut dari pihak NVIDIA terkait dengan GPU terbaru mereka.